Belajar memetik buah kopi sebagai edukasi wisata pengenalan kita pada buah kopi pasca panen #biekupifarmers di batang asai jambi.

Diwaktu masa panen adalah momen paling membahagiakan bagi petani kopi, karena penantian yang akan membuah kan hasil, namun bagi kita awam senang melihat mereka memanen kopi. Ups tapi memanen kopi nga boleh sembarangan lo.. 😜. Memetik buah kopi sembarangan akan menyebabkan tidak ada lagi buah kopi yang akan tumbuh pada musim berikutnya pada bagian dahan saat buah yang dipetik sebarangan. Oleh sebab itu sangat diperhatikan sekali bagaimana tahapan ketika memetik buah kopi demi pertumbuhan dan juga agar tidak bercampur pada buah kopi yang belum matang.

Buah kopi dipetik satu per satu, tidak dipetik keseluruhan secara bersamaan, pemetikan per buah yang matang ini guna menjaga kesehatan tanaman kopi agar dapat berbuah pada masa panen berikutnya.

Memetik buah kopi tidak perlu dengan cepat, karena memetik buah kopi dengan cepat akan mengganggu dahan tanaman kopi, dan ini bisa merugikan panen-panen selanjutnya.

Itu la sekilas pemahaman belajar memetik buah kopi, kalau mau prakteknya langsung boleh datang langsung ke biekupi farmers, langsung belajar dan berwisata mengenal alam batang asai jambi.